Posted by: Admin | February 23, 2011

Mengajarkan Vocabulary

Mengajarakan vocabulary

Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu diajarkan ketika mengajarkan vocabulary, serta cara-cara mempresantasikan dan mengajarkan vocabulary.

  • Pengenalan
  • Apa yang mungkin dibutuhkan siswa
  • Cara mempresentasikan vocabulary
  • Cara alternative untuk mengajarkan vocabulary
  • Hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan

Pengenalan

Mengajar vocabulary adalah hal yang cukup sulit, mengingat terdapat ratusan ribu kata dalam Bahasa Inggris. Namun, perlu diingat bahwa penutur asli hanya menggunakan sekitar lima ribu kata dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, siswa anda tidak perlu menggunakan semua kata yang mereka pelajari, sebagian dari kata-kata tersebut hanya perlu dikenalkan saja. Memilih apa yang harus diajarkan, berdasarkan frekuensi kemunculan kata dan manfaat kata tersebut berhubungan dengan kebutuhan siswa sangatlah penting. Ketika anda telah memilih apa yang perlu diajarkan, langkah penting selanjutnya adalah aoa yang perlu diketahui oleh siswa mengenai kata tersebut dan bagaimana anda akan mengajarkannya.

Apa yang mungkin perlu diketahui siswa mengenai kata tersebut

Makna kata

Sangatlah penting untuk menyampaikan makna suatu kata dengan jelas dan kemudian memberikan pertanyaan untuk memastikan bahwa siswa anda telah       memahami dengan benar

Bentuk kata

Untuk dapat menggunakan suatu kata secara efektif, siswa perlu mengetahui apakah kata tersebut adalah sebuah kata kerja/kata benda/kata sifat, dll.

Cara pengucapan kata

Pengucapan kata kadang menyulitkan bagi para pembelajar karena terkadang tidak ada hubungan yang jelas antara bentuk tulisan dengan cara pengucapan suatu kata. Dalam hal ini, menggunakan fonemik script akan sangat membantu agar siswa bisa mendapatkan gambaran pengucapan kata secara jelas. Jangan lupa untuk mengulang pengucapan kata yang menurut anda akan menyulitkan bagi siswa dan ajarkan pula mengenai word stresses

Cara mengeja kata

Mengeja dalam Bahasa inggris selalu menjadi hal yang menyulitkan dikarenakan alasan-alasan diatas. Jangan lupa menjelaskan cara mengucapkan suatu kata sebelum memperlihatkan bentuk tulisannya.

Kata yang diikuti oleh aturan grammar yang tidak terduga

Contohnya: man-men/ information (uncountable), dan jika suatu kata harus diikuti oleh preposisi tertentu (e.g. depend on)

Makna konotasi yang mungkin dimiliki oleh suatu kata

Bachelor memiliki makna positive, sementara Spinster memiliki makna negative

Situasi dimana suatu kata digunakan atau tidak digunakan

Apakah suatu kata dianggap formal/netral/informal? Contohnya, Spectacles/glasses/specs. Apakah suatu kata digunakan dalam Bahasa lisan atau tulisan? Contohnya to sum up biasanya digunakan dalam Bahasa tulisan, sementara mind you digunakan dalam Bahasa lisan. Apakah suatu kata sudah dianggap kuno? Contohnya, penggunaan kata wireless dan radio.

Bagaimana suatu kata berhubungan dengan kata yang lainnya

Contohnya, sinonim, antonim, kelompok kata

Collocation atau bagaimana sekelompok kata muncul bersamaan

Frasa ‘in great detail’ digunakan untuk mendeskripsikan benda, tetapi ‘in big detail’ tidak dapat digunakan. Ketika akan bertanya, kita menyebutnya ‘raise your hand’ bukan ‘lift your hand’. Hal-hal seperti ini perlu diajarkan pada siswa untuk menghindarkan kesalahan dikemudian hari.

Pengaruh imbuhan (prefiks dan suffiks) terhadap makna kata

Pengenalan imbuhan sangat berguna bagi pembelajar level tinggi

Area mana yang akan anda pilih untuk diajarkan tergantung pada materi yang akan anda ajarkan dan level siswa. Sekarang saatnya memikirkan bagaimana kita menyampaikan makna suatu kata.

Cara-cara mengajarkan vocabulary

Terdapat banyak cara untuk menyampaikan makna suatu kata.

Illustrasi

Illustrasi sangat berguna untuk mengajarkan kata yang lebih kongkrit (dog, rain, tall) dan sangat membantu pembelajar visual. Namun ilustrasi memiliki keterbatasan karena tidak semua kata dapat digambarkan.

Mime (pantomim)

Pantomim dapat menjadi kegiatan yang menarik untuk mengajarkan action verb

Sinonim/antonim/gradable

Menggunakan kata yang sudah diketahui oleh siswa dapat menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan makan suatu kata

Definisi

Pastikan bahwa definisi tersebut jelas (jika anda tidak yakin, sebaiknya cek terlebih dahulu di kamus). Jangan lupa untuk memberikan pertanyaan pada siswa dengan maksud mengecek apakah mereka sudah memahami kata tersebut dengan benar

Terjemahan

Jika anda mengetahui Bahasa ibu para siswa, maka terjemahan akan menjadi cara yang cepat dan efisien. Perlu diingat bahwa tidak semua kata memiliki terjemahan langsung.

Konteks

Pikirkan suatu konteks yang jelas dimana kata tersebut digunakan, kemudian deskripsikan konteks tersebut pada siswa atau beri mereka contoh kalimat untuk memberikan kejelasan makna.

Cara mengajarkan vocabulary mana yang anda pilih tergantung pada kata-kata yang anda ajarkan. Beberapa strategi diatas mungkin cocok untuk mengajarkan kata-kata tertentu. Seringnya, kombinasi dari beberapa strategi dapat sangat membantu dan memudahkan untuk mengingat kata yang diajarkan.

Cara alternatif untuk mengajarkan vocabulary

  • Berikan beberapa kata pada siswa anda, kemudian mintalah mereka untuk mencari maknanya, cara pengucapannya dan kemudian tulis contoh kalimat yang menggunakan kata tersebut. Kemudian mereka dapat mengajarkan kata-kata tersebut pada temannya dalam satu kelompok.
  • Siapkan lembar kerja, kemudian minta siswa untuk memasangkan kata dengan definisinya
  • Mintalah siswa untuk mengklasifikasikan sekelompok kata kedalam beberapa kategori. Contohnya, daftar alat transportasi yang kemudian dikategorikan berdasarkan air/sea/land
  • Mintalah siswa untuk mencari vocabulary baru dari wacana yang mereka baca dan ajarkan vocabulary tersebut pada teman mereka di kelas.

 

Hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan

  • Review vocabulary yang diajarkan melalui game atau kegiatan yang dapat memotivasi siswa untuk melakukan hal yang sama di rumah.
  • Biasakan siswa anda menjadi pembelajar mandiri. Mintalah mereka untuk membaca, menonton film, mendengarkan lagu dll dan kemudian catatlah kata-kata yang penting
  • Sisakan sebagian dari papan tulis untuk mencatat kata-kata yang muncul selama anda mengajar. Gunakan warna yang berbeda untuk kata/fonemik/preposisi/kelas kata
  • Mengajarkan/mempelajari kata yang memiliki makna asosiasi pada saat yang bersamaan akan sangat bermanfaat
  • Anjurkan siswa anda untuk membeli kamus yang baik dan gunakan waktu didalam kelas untuk menekankan pentingnya penggunaan kamus
  • Ajarkan nama kelas kata secara gramatikal dan penggunaan fonemik skrip
  • Selalu siapkan sebuah kamus di dekat anda sebagai persiapan apabila ada siswa yang menanyakan suatu kata yang anda tidak tahu
  • Jika anda tidak tahu atau tidak pernah mendengar kata yang ditanyakan oleh siswa, katakan pada mereka bahwa anda akan mencari artinya dan akan memberitahukan pada mereka dikemudian hari.
  • Berikan contoh tambahan pada siswa jika mereka belum yakin terhadap makna suatu kata dan anjurkan agar mereka menulis kata tersebut dalam sebuah contoh kalimat.

Richard Frost, British Council

Sumber: http://h2te.depdiknas.go.id/index.php/bahasa/229-mengajarakan-vocabulary.html


Responses

  1. O.k banget cara untuk mengajarkan siswa vocab. Semoga sy bisa menerapkannya dan siswa menjadi senang belajar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: