Posted by: Admin | February 25, 2011

Tips Mencari Tempat Kursus/ Les Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang saat ini menjadi bahasa penting tidak hanya untuk pengembangan ilmu dan tehnologi tetapi juga komunikasi. Les inggris menjadi jalan yang paling sederhana untuk membangun kompetensi dalam semua aspek kebahasaan. namun warga masyarakat sering bingung menentukan tempat les bahasa inggris atau kursus.

Pembelajaran bahasa inggris pada era kekinian, tidak hanya diminati oleh kaum siswa atau murid sekolah, namun sudah diminati oleh kaum dewasa. Mereka mulai melirik bahasa Inggris karena tuntutan pekerjaan.

Banyak  model pembelajaran bahasa yang saat ini ditawarkan oleh banyak penyelenggara belajar. Pembelajaran tradisional atau classical-based masih mendominasi. Jenis kelas ini, pembelajar harus datang di tempat les untuk mengikuti kegiatan belajar yang digariskan oleh penyelenggara. Long Distance Learning, saat ini banyak ditawarkan oleh penyelenggaran. Pembelajar setelah mendaftar diberikan fasilitas atau penunjang pembelajaran baik melaui internet atau fasilitas telepon. Siswa hanya menelpon langsung ke operator untuk berkomunikasi, sekalian menjadi ajang problem solving antara pembelajar dan tutor. Tentunya kelas-kelas seperti ini, lebih banyak memerlukan biaya dari model yang pertama.

tetapi Anda tetap berhak menetukan pilihan berdasarkan pertimbangan dalam menentukan pilihan. Berikut beberapa tips untuk memilih tempat kursus atau les bahasa inggris

1. Tentukan dahulu apa tujuan Anda belajar bahasa inggris. Apa yang mendorong Anda harus belajar bahasa Inggris. Apakah untuk persiapan program tertentu, misalnya TOEFL, TOEIC, atau yang lain. Atau apakah untuk kepentingan persiapan melamar kerja, peningkatan karir. Atau bahkan lingkungan baru Anda yang menuntut Anda untuk siap berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kelas jenis apakah yang akan Anda ikuti, general, private, conversation. Jika kelas general biasanya harganya lebih terjangkau dari pada jenis kelas lain. Materinya pun lebih variatif dari kelas lain, privat misalnya. Kelas private biasanya untuk pembelajar yang memiliki tujuan jangka pendek dan memang lebih singkat karena memang biayanya lebih tinggi.

2.Telitilah hal-hal yang mendukung pembelajaran Anda, seperti kurikulum, bahan ajar, fasilitas untuk keberlangsungan belajar Anda (leveling), sistem evaluasi, kegiatan-kegiatan luar kelas yang mendukung seperti; conversation club, speech club, Sunday Meeting, Movie Watching dll.

3. Belajar bahasa berbeda dengan belajar menjahit, membuat kue, belajar menyetir, atau belajar hal-hal yang sifatnya instan. Instan dalam arti setelah tahu langsung dapat diimplementasikan secara sempurna. Atau bahkan seperti mempelajari beberapa hal ilmu matematika. Misalnya 1+1 pasti 2.  9:3 pasti 3. Tetapi belajar bahasa adalah pembiasaan. Ia sebaiknya dijalankan secara rutin, terus menerus dan tidak berhenti di jalan.

4. Berefisienlah dalam belajar. Anda disarankan tidak mengambil tempat les bahasa Inggris yang mahal, yang nilainya ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Tetapi durasi belajar hanya singkat, misal Rp. 600.000,- sampai Rp. 2.000.000,- tetapi hanya untuk  dua atau tiga bulan. Setelah itu selesai. Anda puas belajar ditempat yang mahal tetapi tidak berkelanjutan. Anda puas tetapi tidak bisa apa-apa, apalagi untuk membangun komunikasi dengan baik. Alih-alih Anda hanya mendapatkan sertifikat yang tidak bisa bicara apapun.

5. Pilihlah tempat les/ kursus yang murah, sehingga Anda bisa secara rutin belajar. Anda akan memiliki komunitas atau club yang akan merangsang Anda untuk selalu berekspresi dengan menggunakan bahasa Inggris. Harga terjangkau tetapi benar-benar akan membangun Anda dalam berkomunikasi dengan bahasa target, akan lebih baik daripada Anda bergengsi ria belajar ditempat yang mewah, tetapi tidak ada pencapaian apapun.

6. Pilihlah tempat yang dekat dengan tempat Anda tinggal, atau lokasi Anda bekerja. Sehingga Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan energi untuk menjangkaunya, tetapi energi Anda lebih termanfaatkan untuk proses pembelajaran, seperti berkreasi dengan bahasa target, memahami tata bahasa, menghafalkan kosa kata yang mendukung, dan lain-lain.

7. Selalu berlatihlah tanpa guru. Berlatih sendiri dengan cara sendiri akan lebih baik. Bangunlah komunikasi dengan teman-teman Anda dengan menggunakan bahasa target, misalnya kirim SMS, Facebookan, YMan, membuat cerita-cerita sederhana dan lain-lain. Lakukan terus menerus..

8. Jangan tinggalkan kamus Anda di bawah bantal. Tetap bawa untuk selalu mengecek arti, pronunciation, idiom, dll.

Demikian hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang cara memilih tempat les bahasa inggris. Semoga Anda sukses dan tak terlalu menjadi korban pendidikan yang bisnis oriented. Terlalu banyak mengeluarkan uang, tetapi Anda tidak bisa apa-apa, kecuali hanya sertifikat..

Ditulis oleh: Mobit (Mahasiswa Paska Sarjana Pend. Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta)


Responses

  1. good article…mohon dicek juga article saya http://rumahriyan.blogspot.com/ thank you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: