Posted by: Admin | June 16, 2011

Minat Tulis Jurnal Berbahasa Inggris di Indonesia Masih Loyo

Minat menulis dan membaca Jurnal Berbahasa Inggris di Indonesia, ternyata masih tertinggal dari sejumlah negara di Asia. Persentase masyarakat Indonesia untuk menulis dan membaca jurnal hanya sebesar sepuluh persen.

Angka persentase itu jauh dibanding Singapura dan Malaysia. Di Singapura, minat tulis dan baca mencapai 18 persen dari total jumlah penduduknya. Sementara Malaysia sebesar 20 persen.

Hal ini terungkap dalam keterangan perse Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kepada Tribunnews.com pada Rabu (15/6/2011). LIPI pun mendorong peningkatan minat masyarakat untuk menulis jurnal dalam bahasa Inggris.

Kepala Pusat Penelitian (P2) Ekonomi LIPI, Drs. Darwin, M. Sc. mengungkapkan bahwa terbatasnya naskah ilmiah yang dipublikasikan oleh masyarakat Indonesia terutama yang berbahasa Inggris, menjadi dorongan utama bagi LIPI untuk meluncurkan jurnal RIESB.

Menurutnya Jurnal tersebut diharapkan mampu menyerap kajian komparatif (antar negara) dengan Indonesia, untuk lebih memperluas pengetahuan sekaligus memberikan manfaat bagi perekonomian dan pembangunan di Indonesia secara umum

Robin Brown, Native Language Editor of RIEBS (The Review of Indonesian Economic and Business Studies) menyatakan jurnal dengan bahasa Inggris atau bahasa asing yang mendunia akan lebih mudah diterima masyarakat internasional.

“Pandangan tentang karya-karya ilmiah Indonesia akan lebih mendunia ketimbang hanya berbahasa Indonesia,” tandasnya.

Menurutnya, banyak orang Indonesia memiliki pandangan, karya ilmiah berupa hasil penelitian kurang teraplikasi secara nasional maupun global karena keterbatasan menulis, khususnya dalam bahasa Inggris. Padahal LIPI maupun institusi penelitian lain mempunyai banyak karya ilmiah.

“Ini tentu sayang sekali jika jurnal dari Indonesia hanya dikonsumsi secara lokal saja,” terangnnya

sumber: http://www.tribunnews.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: